Jumat, 25 September 2020

Perjuangan CPNS 2018 Part II "CPNS itu Perjalanan Religius" #GuruPAUDBisa

 

Perjalanan ku dimulai ketika aku memilih untuk mendaftar CPNS di kota Palangka raya Provinsi Kalimantan Tengah. dari tujuh sekolah Negeri aku memilih TK Negeri Satu Atap Tumbang Rungan, sekolah yang akses jalannya sangat mudah dan hanya 20 menit dari kota.

sebelum berangkat tes ke kota Palangka Raya aku meminta doa restu kepada mama, beliau mendoakan namun terlihat berat sekali membayangkan jika aku harus bekerja jauh di kota perantauan. namun aku meyakinkan orang tua ku lagi dan akhirnya beliau mengijinkan untuk aku berangkat mengikuti tes.

hari tes pun tiba aku berangkat menumpang mobil sahabat ku, disana terlhat banyak sekali pejuang NIP yang mengenakan baju hitam putih aku dan sahabat ku berbeda sesi. aku sesi kedua dan dia sesi pertama. waktu sudah menunjukan pukul 14.00 WIB sesi pertama dimulai dan sahabat ku masuk ke dalam ruangan. sambil menunggu sahabat ku didalam aku masih membuka buku-buku dan kisi-kisi yang aku pelajari. hingga akhirnya kira-kira pukul 16.00 giliran ku memasuki ruangan dan aku tidak bertemu dengan sahabat ku bahkan tidak mengetahui hasilnya apakah dia lulus tahap SKD atau tidak.

sebelum memasuki ruangan kami dicek diseluruh badan oleh petugas sampai emas anting pun kami tidak boleh menggunakannya. masuk kedalam ruangan ku lihat banyak sekali komputer yang berjejer dan aku pilih tempat duduk yang strtegis bagi diriku. sampailah saatnya petugas memberikan arahan sebelum kami menjawab, setelah selesai kami diminta berdoa dan waktunya pun dimulai untuk bertarung dengan soal-soal yang sudah disediakan.

MasyaAllah ketika menjawab satu persatu soal tiada henti aku bersholawat berharap nilai ku memenuhi Passing Grade. dan waktu pun berakhir aku sudah menjawab semua soal dan dengan penuh muka yang sangat cemas aku mengklik tombol selesai hingga nilai ku keluar dan hasilnya adalah nihil. aku tidak lulus memenuhi Passing Grade.

keluarlah aku dari ruangan tersebut, ada beberapa orang melihat catatan nilai yang ku bawa mereka mengatakan nilai ku termasuk tinggi namun tidak lulus Passing Grade saja yang sudah ditentukan.

aku mencari sahabat ku diluar tidak bertemu sama sekali, aku tanya kepada yang lain mereka mengatakan juga tidak tau, dan aku bertanya kepada mereka apakah sahabat ku luus mereka mengatakan dia lulus sontak hatiku campur aduk ada bahagia mendengar kabar baik itu dan ada kabar yang sedih kaena aku tidak bisa membawa kabar baik pulang ke banjarmasin.

hatiku sangat hancur saat itu, aku menelpon mama ku aku meminta maaf karena aku tidak bisa mempersebahkan untuknya namun dia berkata "kamu masih muda, masih ada kesempatan untuk mu nanti coba lagi" aku menghelas nafas panjang aku sedih karena aku ngin lulusnya sekarang apa salah ku Tuhan.. sudah ku siapkan semua hati ku sangat hancur

dan tiba-tiba sahabat ku datang dan dia tidak ingin membahas lulus/tidaknya aku mungkin dia sudah tau melihat hasil di layar yang disediakan panitia. aku pun memberi selamat dan dia memberikan ku semangat sambul berkata "berdoa saja nilai kamu tinggi semoga saja diambil pakai rengking dan kamu pasti masuk"

kami pun menuju penginapan, aku sama sekali tidak mengeluarkan suara sedikit pun, sampai dipenginapan aku langsung mandi, dan sholat taubat. aku meminta ampun kepada Tuhan segala dosa yang pernah aku lakukan aku menangis namun ku sembunyikan tangis ku karena dipenginapan ada sahabatku dan satu teman ku disana.

selesai sholat taubat aku langsung tidur, aku tidak merasakan lapar sama sekali padaha;l dari siang aku sama sekali tidak makan, teman-teman ku berkumpul malam itu dikamar penginapan ku aku tetap berpura-pura memutuskan untuk tidur sampai larut malam mereka masih mengobrol tntang tes yang dijalani hari ini .

besok harinya..

kami kembali pulang ke Banjarmasin sahabat ku sama sekali tidak pernah membahas lagi tentang kelulusan CPNS tes SKD ini, hingga tidak ada sama sekali percakapan di mobil itu sepanjang kota Palangka Raya menuju kota Banjarmasin. apa yang ku lakukan teman ?? kalian tau perjalanan dari Palangka Raya ke Banjarmasin aku lewatkan dengan membaca Al-Quran dan hasilnya selama perjalanan kurang lebih 4 jam aku habis membaca Qur'an satu juz . semua kekecewaan ku ku tumpahkan dengan cara itu.

Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JIKA KALIAN MENJADI PEMIMPIN

"Pemimpin" satu kata apa yang terlintas difikiran kalian tentang kata pemimpin ? jujur-berwibawa-adil-bijaksana-transparam-tanggun...