Rabu, 14 Oktober 2020

MENANAMKAN NILAI KARAKTER ANAK MELALU METODE BERCERITA DAN SUMBER BELAJAR PADA JENJANG PAUD

Hallo Sahabat Rumah Belajar  😍😍

Himbauan WFH membuat saya sebagai pendidik harus berfikir kreatif bagaimana memberikan pembelajaran via online/daring untuk anak anak, bagaimana memoles pembelajaran untuk anak anak dirumah melalui via online atau daring dengan pembelajaran yang  menyenangkan dan tujuan pembelajaran dapat tersampaikan.  Salah satu pembelajaran yang harus kita sampaikan dan jangan kita lupakan adalah nilai-nilai karakter. Saya menggunakan metode bercerita dengan menggunakan media audio pada sumber belajar jenjang PAUD. Kenapa bercerita karena melalui bercerita kita dapat menyampaikan pesan moral kepada anak tanpa merasa menggurui dan melalui audio kita dapat membuat anak anak berimajinasi, melatih konsentrasi, melatih pendengaran dan anak anak dapat menyampaikan cerita yang didengarkannya. Wah sahabat rumah belajar penasaran bagaimana saya mengaplikasikannya ? saya menggunakan fitur rumah belajar yaitu sumber belajar.

Cara yang pertama saya masuk pada fitur rumah belajar melalui sumber belajar.go.id seperti pada tampilan dibawah ini

 


kemudian kita masuk pada portal rumah belajar dimana ada empat fitur utama yaitu sumber belajar, bank soal, kelas maya dan laboratorium maya.

1. kelas Maya, Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.

2. Sumber Belajar, Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan.

3. Bank Soal, Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.

4. Laboratorium Maya, Fitur simulasi praktikum laboratorium yang ada disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum. 

Kali ini saya akan mengajak sahabat rumah belajar jalan-jalan ke sumber belajar jenjang PAUD. Cekidott😍

Gambar Fitur utama sumber belajar

Sahabat rumah belajar gambar dibawah ini dimana kita sudah memasuki sumber belajar dimana terdapat berbagai jenjang mulai dari PAUD,SD,SMP,SMA/K,SLB, PAKET A-B-C kemudian.sahabat rumah silahkan memilih jenjang PAUD,

Gambar tampilan sumber belajar

Sahabat rumah belajar sampailah kita pada sumber belajar jenjang PAUD, sekarang saya mau ajak kalian mengenal lebih dalam audio apa saja yang tersedia di sumber belajar jenjang paud silahkan klik youtube saya  

https://youtu.be/wHOCFT_vFG8


Sahabat Rumah belajar, ketika kita sudah dapat bahan belajar  yang ingin disampaikan kepada anak, contoh guru mengambil  cerita dari audio matahari yang berjudul etika menggunakan baju maka guru bisa mengirimkan langsung link cerita kepada orang tua atau guru menceritakan kembali dengan bahasanya baru kemudian mengirimkan video cerita kepada orang tua melalui whatsapp. peserta didik akan mendengarkan cerita dengan didampingi orang tua. dan tahap terakhir guru bisa menanyakan kembali isi cerita yang didengarkan berupa pesan apa yang didapat dari cerita yang didengarkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JIKA KALIAN MENJADI PEMIMPIN

"Pemimpin" satu kata apa yang terlintas difikiran kalian tentang kata pemimpin ? jujur-berwibawa-adil-bijaksana-transparam-tanggun...